HEADLINES NEWS :
mohon

Pembangunan Asia Afrika Butuh Bank Khusus



Jakarta 23/04/15 - Pembangunan infrastruktur di kawasan Asia Afrika membutuhkan dana hingga US$8 triliun. Jumlah tersebut tak bisa ditalangi oleh baik Bank Dunia, IMF, atau ADB, yang hanya mampu menyediakan ratusan miliar dolar.

"Karena itu, perlu dibentuk bank khusus untuk pendanaan pembangunan infrastruktur. Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) yang digagas China bisa menjadi solusi yang tepat,” ungkap Direktur Jenderal Asia-Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Yuri Oktavian dalam jumpa pers di Ruang Press Conference Media Center Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrrika (KAA) di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (22/4).

Menurut Yuri, masyarakat internasional menaruh minat luar biasa akan keberadaan AIIB. Bahkan, negara-negara Eropa, seperti Italia, juga bergabung dalam AIIB. Begitu pula dengan Amerika Serikat.

Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo, dalam pidato pembukaan KTT, mengatakan lembaga-lembaga keuagan dunia, seperti World Bank atau Bank Dunia, International Moneter Funds dan Bank Pembangunan Asia adalah lembaga usang. Selain menyebut usang, Joko Widodo menilai lembaga-lembaga keuangan internasional tersebut sebaiknya tidak digunakan lagi.

"Pandangan yang mengatakan persoalan ekonomi dunia hanya bisa diselesaikan oleh Bank Dunia, IMF dan ADB adalah pandangan yang sudah usang dan perlu dibuang," tegas Presiden RI.

Jokowi menegaskan negara-negara di kawasan Asia dan Afrika harus menghilangkan dominasi negara lain dan mereformasi arsitektur keuangan dunia. Dikatakan, hingga kini, tatanan ekonomi dunia masih menampilkan ketidakadilan. Negara-negara kaya seolah memiliki posisi yang lebih tinggi dan bisa menentukan perekonomian global. Tiongkok beberapa waktu lalu sudah berinisiatif untuk membentuk lembaga keuangan pendukung pembangunan infrastruktur kawasan Asia yaitu AIIB. Indonesia dan sejumlah negara di dalam maupun luar regional Asia dikabarkan sepakat membentuk AIIB. Langkah ini dilakukan, agar Asia punya lembaga keuangan sendiri.
pasang iklan Adsense Indonesia ad size ad size

Penulis: asybook © 2015

author-photo Anda sedang membaca Artikel berjudul Pembangunan Asia Afrika Butuh Bank Khusus, yang diterbitkan oleh asybook. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon maaf apabila terdapat konten yang memiliki tanda baca rusak, dan salah dalam penulisan. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran yang ingin disampaikan silahkan tulis di kotak komentar.

:: Terima Kasih ::

0 comments:

Posting Komentar

Komentar yang mengandung "Link Aktif, Out of Topic, Unsur SARA" akan segera dihapus untuk menghindari SPAM.

1 Komentar sangat berarti bagi kami,
Terima Kasih Telah Berkunjung..

auto::pagerank'